Rabu, 30 April 2025

Sejarah Terusan Suez

Silahkan bagikan :
۞ السَّــــــلاَمُ عَلَيْــــــكُمْ وَرَحْمَــةُ اللــــهِ وَبَرَكَاتُــــــــــهُ ۞
۞ بســـــــــــــم اللّـــه الرّحمٰن الرّحيـــــــــــــم ۞
-----------------------------------------------------------------------

 


Terusan Suez (bahasa Arab: قناة السويس, Qanā al-Suways), di sebelah barat Semenanjung Sinai, merupakan terusan kapal sepanjang 193 km yang terletak di Mesir, menghubungkan Pelabuhan Said (Būr Sa'īd) di Laut Tengah dengan Suez (al-Suways) di Laut Merah.

Linant de Bellefonds, penjelajah sekaligus insinyur asal Prancis, sudah mengidekan pembuatan jalur perairan penghubung Laut Mediterania dengan Laut Merah sejak 1830-an. Memasuki 1850-an, Kekaisaran Ottoman yang kala itu menguasai Mesir memberikan izin pembangunan kanal.

Orang yang dipercaya menjalankan proyek tersebut bernama Ferdinand de Lesseps, Diplomat Prancis. Pertama kali, pembangunan diadakan mulai 1859. Selama 10 tahun, diadakan penggalian tanah yang melibatkan satu juta lima ratus orang pekerja. Namun, di antara mereka banyak yang diklaim sebagai budak lantaran keberatan dalam penanganan biaya.

Tepat pada 17 November 1869, Terusan Suez resmi dibuka oleh Ismail Pasha, Khedive wilayah Mesir dan Sudan. Situs Britannica menyebut bahwa orang ini memang punya mitra dengan Perusahaan Terusan Suez dalam pembangunan kanal.

Sementara itu, kapal pertama yang melintasi jalur tersebut adalah kapal pesiar milik kekaisaran Permaisuri Prancis, Eugenie, L’Aigle. Setelah itu, baru muncul kapal laut lain dari negara Inggris yang bernama Delta. Keduanya melewati garis Utara-Selatan. Sedangkan kapal pertama yang melewati jalur Selatan-Utara, diklaim namanya sebagai Kapal S.S. Dido.

Kala pertama kali terbentuk, kapal-kapal yang bisa lewat hanya jenis kapal uap. Hal ini disebabkan oleh sulitnya navigasi lantaran jalurnya terbilang sempit. Selain itu, wilayah Terusan Suez juga merupakan daerah yang anginnya terbilang kencang.

 

Fakta-Fakta Terusan Suez

Berikut ini beberapa fakta terkait Terusan Suez:

1. Ada Perbudakan dalam Pembangunannya

Seperti yang sudah dijelaskan, pembangunan Terusan Suez mempekerjakan 1,5 juta orang. Jumlah tersebut ternyata lebih banyak diisi oleh budak-budak. Pemicu terjadinya hal ini tentu terkait biaya.

Kala itu, investor dari Inggris, Prancis, dan Amerika, merasa keberatan dengan biaya pembangunan Terusan Suez. Oleh karena itu, perbudakan adalah solusi bagi pihaknya. Dalam proses pembuatan kanal, ada sekitar puluhan ribu pekerja yang dikatakan meninggal dunia.

2. Jalur Efektif Asia-Eropa

Terusan Suez didirikan sebagai rute terpendek yang menguhubungkan Asia dengan Eropa. Hal ini disebut lantaran Terusan Suez berhasil menyingkat waktu pelayaran sehingga kapal bisa sampai lebih cepat ke tujuan.

Sebelum didirikan Terusan Suez, kapal harus terlebih dahulu berlayar memutari daerah Tanjung Harapan yang berada di Selatan Afrika. Lantaran jalur ini dibuat, maka jalur yang jauh dan menghabiskan banyak waktu tersebut sudah bisa mendapatkan solusi efektifitasnya.

3. Konflik Sebelum dan Setelah Peresmian

Sebelum Teruzan Suez resmi dibuka, proses pembangunannya memicu konflik di daerah sekitarnya. Misalnya Mesir, kala itu sedang terjadi pergerakan pembebasan diri dari kolonialisme.

Setelah peresmian, konflik terjadi lantaran perebutan akses Terusan Suez. Seperti yang diketahui, kanal penghubung ini bisa mempersingkat waktu dan dianggap penting dalam sektor akomodasi saat itu.

Bukan hanya perdagangan, bahkan pelayaran demi kebutuhan perang pun bisa melewati jalur tersebut. Setelah persemian, terjadi beberapa konflik di daerah Terusan Suez.

Salah satunya terjadi kala Kekaisaran Ottoman menyerang Terusan Suez pada 1915 (Perang Dunia I). Saat itu, yang melindungi wilayah ini adalah Inggris. Secara resmi, kanal penghubung ini diambil Gamal Abdel Nasser, Presiden Mesir kala 1956.


۞ الحمد لله ربّ العٰلمين ۞

-----------------------------------------------------------------------

0 comment:

Posting Komentar

۞ PETA LOKASI Rumahku ۞
۞ MEDIA - SOSIAL ۞