Minggu, 14 Juni 2015

Sulawesi Tengah dan Keragaman Peninggalan Cagar Budaya

Silahkan bagikan :
۞ Ψ§Ω„Ψ³َّΩ€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω„Ψ§َΩ…ُ ΨΉَΩ„َيْΩ€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€ΩƒُΩ…ْ وَΨ±َΨ­ْΩ…َΩ€Ω€Ψ©ُ Ψ§Ω„Ω„Ω€Ω€Ω€Ω€Ω‡ِ وَΨ¨َΨ±َΩƒَΨ§ΨͺُΩ€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω‡ُ ۞
۞ Ψ¨Ψ³Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω… Ψ§Ω„Ω„ّΩ€Ω€Ω€Ω‡ Ψ§Ω„Ψ±ّΨ­Ω…ٰΩ† Ψ§Ω„Ψ±ّΨ­ΩŠΩ€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω€Ω… ۞
-----------------------------------------------------------------------

 



Potensi sebaran peninggalan sejarah dan purbakala di Sulawesi Tengah yang menggambarkan sisa-sisa kejayaan masyarakat di wilayah ini belum sepenuhnya mendapat atensi dan apresiasi dari masyarakat. Oleh karena itu  untuk menumbuhkan minat dan apresiasi masyarakat terhadap objek-objek tersebut dilakukan melalui beberapa cara seperti pelestarian dan penyelamatan ,dokumentasi, perlindungan,  pengamanan, pengelolaan dan pemanfaatan. Salah satu langkah awal dari pelestarian dan penyelamatan data-data dilapangan yang sangat berharga adalah melalui tahapan penelitian yang intensif.

Bentuk kebudayaan yang ada saat ini mulai menyebar di Nusantara bersamaan dengan penyebaran budaya Austronesia melalui migrasi dari suku-suku bangsa yang menggunakan bahasa Austronesia. Wilayah penyebarannya adalah Korea, Jepang, Formosa, Cina, Asia Tenggara, dan Pasifik. Terdapat dua jalur migrasi yaitu jalur melalui Indonesia bagian barat dan jalur utara yang menyebar ke wilayah Indonesia timur dan sampai ke kepulauan di Pasifik. Berdasarkan dari hasil-hasil penelitian tersebut, maka arti penting wilayah Sulawesi dan Maluku berdasarkan potensi-potensi yang dimiliki termasuk potensi arkeologi, dapat digambarkan sebagai berikut (Ambary, 1998:150) :

1)  Dari segi zoografi, wilayah ini merupakan wilayah transisi antara dua lini fauna, yakni Wallace dan Weber.

2)  Dari segi geolinguistik, wilayah ini dianggap sebagai tanah asal dari suku-suku bangsa pemakai bahasa Austronesia.

3) Dari segi geokultural, wilayah ini merupakan daerah lintasan strategis dalam migrasi-migrasi manusia dan budaya dari Asia Tenggara ke wilayah Melanesia, Mikronesia, serta Oceania.

4)  Dari segi ekonomi, wilayah ini merupakan wilayah yang memiliki potensi hasil hutan

    yang cukup penting, yang menyebabkan wilayah tersebut menjadi ajang potensial di

    dalam pertarungan kepentingan hegemoni ekonomi.

 

Peninggalan Pra Sejarah di Sulawesi Tengah

Penelitian peninggalan arkeologi di Sulawesi Tengah telah dilakukan oleh para peneliti bangsa Eropa sejak akhir abad 19, yang dimulai oleh Adriani dan A.C. Kruyt dalam tulisannya “Van Poso naar Parigi een Lindoe” pada tahun 1898. Kemudian pada tahun 1938 Kruyt menerbitkan tulisannya “De West Toradjas in Midden Celebes”, dan dalam tulisan tersebut Kruyt menyebutkan beberapa tinggalan arkelogis di Kulawi seperti kalamba di Gimpu, batu dulang di Mapahi, dan peti kubur kayu di Danau Lindu. Walter Kaudern, seorang peneliti berkebangsaan Swedia pada tahun 1938 menebitkan tulisannya “Megalithic Finds in Central Celebes” dan sebuah tulisan tentang etnografi “Structure and Settlements in Central Celebes”.

 


Penelitian potensi arkeologi oleh peneliti Indonesia pertama kali dilakukan pada tahun 1976 oleh Tim Proyek Penelitian dan Peninggalan Purbakala Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tim dipimpin oleh seorang arkeolog Haris Sukendar dan dalam penelitiannya sempat melakukan ekskavasi awal pada Situs Suso di Padang Tumpuara, Lembah Bada Kabupaten Poso. Situs-situs megalitik di Sulawesi Tengah terkonsentrasi di kawasan Taman Nasional Lore Lindu yang meliputi Lembah Napu, Lembah Besoa, Lembah Bada, Danau Lindu, Kulawi, dan Gimpu. Mencakup dua kabupaten yaitu Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi. Kawasan Taman Nasional Lore Lindu merupakan kawasan perlindungan benda cagar budaya dan perlindungan serta konservasi keaneka ragaman hayati yang endemik. Jenis temuan megalitik di Taman Nasional Lore Lindu yaitu Kalamba, Arca Menhir, Menhir, Batu Dakon, Batu Dulang, Lumpang Batu, Batu Kerakal, Altar, Dolmen, Tetralit, Temu Gelang, Tiang Batu, Tumulus, Punden Berundak, Tempayan Kubur, Batu Gores, Palung Batu, Peti Kubur Kayu, dan Jalan Batu.

Lokasi penemuan tinggalan kalamba di Sulawesi Tengah meliputi wilayah Lore yang terbagi dalam tiga wilayah, yaitu Lore Utara atau Lembah Napu, Lore Tengah atau Lembah Behoa, dan Lore Selatan atau Lembah Bada. Selain di Lore, temuan kalamba hanya di temukan di wilayah Kulawi. Laporan yang cukup lengkap tentang keberadaan kalamba dan ekskavasi di Lore, pertama kalinya dibuat oleh Walter kaudern. Ia menyebutkan dan menggambar penampang beberapa temuan kalamba mempunyai tutup di Padang Tumpuara yaitu di tepian sebelah barat Sungai Tawailia. Kalamba di wilayah Lore ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak dan dalam lokasi yang terkonsentrasi, sedangkan di Kulawi temuan kalamba saat ini baru ditemukan berjumlah 1 buah, yaitu di Situs Tomua. Temuan kalamba di Lore khususnya yang berada di Lembah Behoa memperlihatkan sejumlah variasi kalamba dalam berbagai ukuran, bentuk, dan tipologi penampangnya, serta bentuk dan tipologi pola hiasnya. Temuan kalamba di Lembah Behoa ada yang mempunyai tutup dan ada tidak bertutup. Adapula kalamba yang berhias dan ada juga yang polos. Bentuk hiasan kalamba di Lembah Behoa berupa hiasan wajah atau tubuh manusia, binatang, pit marked, dan hiasan geometris.

Istilah wadah kalamba dalam bahasa Lore kuno berarti “Perahu”, namun berbeda dengan penyebutan di Kulawi. Untuk penamaaan tinggalan sejenis kalamba yang ditemukan di situs Tomua, oleh penduduk setempat disebut “Watunoncu” yang berarti batu lumpang. Penamaan itu kemungkinan besar diberikan oleh generasi sekarang yang tidak mengetahui lagi nama dan fungsinya, juga karena bahannya dilihat terbuat dari batu dan dibentuk lubang ditengahnya seakan-akan mirip temuan lumpang batu. Ekskavasi yang dilakukan di Padang Birantua, Lembah Bada oleh Kaudern (1938) dan Haris Sukendar (1976), serta ekskavasi di Situs Tadulako, Lembah Bada oleh Tim Pusat Arkeologi (2000) telah membuktikan bahwa fungsi kalamba adalah sebagai wadah penguburan secara komunal. Dalam ekskavasi tersebut ditemukan fragmen tulang dan tengkorak manusia, gigi manusia, serta fragmen gerabah. Dari bukti tersebut menunjukkan kesesuaian istilah kalamba di wilayah Lore yang berarti perahu, yaitu sebagai wadah kubur dan perahu para arwah orang meninggal untuk menuju alam kehidupan yang lain. Mengenai fungsi kalamba yang ditemukan di Situs Tomua Kulawi belum dapat diketahui dengan pasti, karena diwilayah ini belum dilakukan penelitian arkeologi yang intensif.

 


Lumpang Batu merupakan salah satu unsur megalitik yang cukup banyak ditemukan di wilayah Kulawi. Masyarakat setempat menyebut lumpang batu juga dengan kata “Watunoncu” (batu Lumpang) dan “Nonjuji” yang berarti lumpang tempat bersemayam roh-roh halus. Fungsi lumpang batu yang ditemukan di Kulawi adalah sebagai wadah menumbuk butiran-butiran padi dan jagung, selain sebagai wadah untuk menumbuk biji padi dan jagung lumpang batu juga berfungsi sebagai wadah menumbuk pewarna alami yang disebut “Ula” untuk mewarnai kain kulit kayu (Kruyt, 1938 :472).

Peti Kubur Kayu berisi tulang rangka manusia yang di temukan di Pulau Bola Lewuto Danau Lindu merupakan tinggalan arkeologis yang cukup menarik, karena temuan seperti ini belum pernah ditemukan di wilayah dekat Kulawi yang banyak peninggalannya seperti Napu, Behoa, dan Bada. Selain di Kulawi, peti kubur kayu di Sulawesi Tengah ditemukan pula di gua penguburan di Tentena kabupaten Poso yaitu di gua Tangkaboba, Pamona, dan Latea. Peti kubur kayu berisi tulang rangka manusia juga ditemukan di Kecamatan Beteleme, Kecamatan Mori Atas, dan Kecamatan Bungku, di Kabupaten Morowali. Kerangka yang ditemukan di dalam peti kayu di danau Lindu adalah bangsawan bernama “Madika Maradindo”, setelah meninggal bergelar “Toi Lumu Palio” artinya orang yang diawetkan di dalam peti kayu gaharu.

Arca Menhir yang terdapat di Taman Nasional Lore Lindu sebagian besar masih dalam keadaan utuh dan tersebar di padang-padang rumput, di tengah hutan, dan di tengah perkampungan penduduk. Penggambaran bentuknya adalah bentuk manusia atau hewan yang statis, kadang-kadang hanya wajah, tangan, genetalia, dan tanpa kaki. Pada bagian wajah terdapat pahatan mirip ikat kepala “Tali Bonto” yang masih digunakan oleh masyarakat Lore hingga saat ini.


Sumber : DISINI

 

 

 


۞ Ψ§Ω„Ψ­Ω…Ψ― Ω„Ω„Ω‡ Ψ±Ψ¨ّ Ψ§Ω„ΨΉٰΩ„Ω…ΩŠΩ† ۞

-----------------------------------------------------------------------

0 comment:

Posting Komentar

۞ PETA LOKASI Rumahku ۞
۞ MEDIA - SOSIAL ۞